Sabtu, 22 Maret 2014

Cara Memilih Headset yang Baik

Cara Memilih Headset yang Baik
 
Headset / Earphone Yang Baik Dan Nyaman
Pemakaian  Headset /Earphone tidak hanya sebatas pada alat pemutar musik seperti MP3 Player, MP4 Player, atau radio. Earphone juga bisa menjadi alat komunikasi pelengkap pada ponsel atau lebih popular disebut Handsfree. Dengan bantuan teknologi Bluetooth, Earphone untuk telepon genggam tidak lagi membutuhkan bantuan kabel.
Saat ini ada beragam jenis Earphone yang ditawarkan di pasaran. Ada baiknya anda selektif dalam memilih Earphone. Sebelum membeli headphone/headset, anda harus memperhatikan merek serta budget, biasanya produk dengan merk terkenal Memiliki kualitas tinggi. Dan tentunya harga menentukan kualitas.
Headset / Earphone yang baik dan nyaman
Headset / Earphone yang baik
Berikut ini merupakan beberapa Cara memilih Headset / Earphone yang baik dan nyaman :
  • Pilih Earphone yang nyaman dan tidak membuat daun telinga nyeri saat dipakai
  • Pastikan Earphone terjamin kualitasnya dan memiliki garansi
  • Jika Earphone menggunakan kabel, sesuaikan panjang kabel sesuai kebutuhan
  • Pastikan ada label Standar Nasional Indonesia (SNI) pada Earphone yang dibeli
  • Cobalah Earphone sebelum anda memutuskan membeli untuk melihat kualitas suaranya. Pastikan suara yang dihasilkan Earphone cukup jernih tanpa noise (gangguan suara gemerisik)
  • Kualitas Suara, Kualitas suara yang dihasilkan tentu bergantung pada kualitas headset itu sendiri.
  • Berat Headset, Walaupun sebuah headset memilki kualitas suara yang bagus namun jika memiliki berat yang berlebihan dapat membuat leher anda menjadi cepat lelah.
  • Kekuatan cengkraman headset, Untuk headset tipe jepit kekuatan cengkraman headset ini bergantung pada ukuran headset itu sendiri dan ukuran kepala anda.
  • Sensitivitas microphone, Jika anda membutuhkan headset dengan microphone, sebaiknya pilih microphone dengan sensitivitas yang baik sehingga suara anda tidak kedengaran aneh oleh lawan bicara.
  • Sesuaikan harga headset dengan budget anda, Nah ini faktor terakhir dan lebih dari sekedar penting. Setelah anda mempertimbangkan faktor diatas anda akhirnya harus menyesuakannya dengan kemampuan keuangan anda.
  • IEM [in-ear monitor]: ini adalah jenis earphone yang dijejalkan ke dalam telinga. Dan dilapisi karet untuk kenyamanan telinga dan untuk meredam suara lain / noise dari luar, sehingga tidak ikut masuk. Semacam menciptakan ruang kedap suara di dalam telinga
Istilah “headset” digunakan untuk merujuk kepada komunikasi dua arah seperti layaknya telepon. Earphone adalah alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi gelombang suara. Dipakai dengan cara memasangnya disumpalkan ke dalam telinga.
Kerap kali orang bingung membedakan earphones dengan headphone atau headset. Menurut beberapa ensoklopedi, headphones mempunyai arti demikian dua earphone yang memiliki bando yang dikenakan di kepala, sementara headset memiliki tiga makna yaitu, mikrofon, pasangan dari headphone, alat tambahan untuk menggunakan earphone dan pemancar di kepala.
Harus di perhatikan, sebaiknya jangan menggunakan Earphone terlalu masuk ke dalam telinga dengan volume keras dalam jangka lama. Putar musik dengan suara maksimal 80 desibel. Musik dengan suara lebih dari 80 desibel dapat menyebabkan penurunan fungsi pendengaran.
Pengguna Earphone yang berlebihan juga dapat menimbulkan penyakit telinga berdengung (tinnitus) dan kerusakan saraf telinga. Oleh karena itu. Lepaskan earphone dari telinga setiap 20 menit dan atur volume tidak terlalu keras. Selamat menikmati musik kegemaran secara aman dan nyaman.
Demikian sedikit tips tentang Cara memilih Headset / Earphone yang baik dan nyaman, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar